Manajemen Perkantoran

IDENTITAS
Matakuliah : Manajemen Perkantoran
Bobot : 2 sks / 2 js

DESKRIPSI
Matakuliah ini memiliki nuansa life skill yang dalam proses perkuliahan mengutamakan praktik berbasis masalah. Mahasiswa dihadapkan pada masalah-masalah yang mengarah pada realisasi pekerjaan perkantoran, khususnya di lembaga pendidikan.

KOMPETENSI
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, mahasiswa diharapkan:
1. Menguasai konsep dasar manajemen perkantoran.
2. Memahami organisasi perkantoran.
3. Mampu merancang menganalisis dimensi administrasi kantor sekolah.
4. Mampu mempraktikkan komunikasi etika perkantoran.
5. Mampu menyusun layout atau tata ruang kantor.
6. Mampu mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan manajemen kantor pendidikan untuk pelayanan prima.

MATERI
Meliputi: konsep dasar manajemen perkantoran, menganalisis pekerjaan perkantoran, etika perkantoran, komunikasi kantor, tata ruang kantor, dan permasalahan manajemen kantor pendidikan. Untuk mengikuti matakuliah ini, mahasiswa sudah menempuh matakuliah Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan, Filsafat Manajemen Pendidikan dan Organisasi Pendidikan.

TRk

Video penyusunan letak perabot kantor dengan membuat guntingan gambar yang berwujud meja, kursi, lemari, dan perabot lainnya (maket). Selanjutnya tata ruang dirancang dengan menjejerkan guntingan-guntingan gambar meja, kursi, lemari, dan perabot lainnya, digeser-geser sehingga mencapai susunan ruangan kantor yang baik. Hal ini bertujuan untuk menempatkan perabotan kantor itu pada letak yang tepat. Apabila sudah diperoleh suatu tata ruang terbaik yang diinginkan, maka lekatkanlah guntingan-guntingan gambar tersebut dengan perekat pada gambar denah.

klik-disiniklik baca tata ruang