Praktik Pelayanan Prima

mk-cvr

PELAYANAN adalah tindakan atau perbuatan yang ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang bersifat tidak kasat mata (intangible) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Fungsi pelayanan sangat menentukan keawetan, perkembangan, dan keunggulan bersaing suatu lembaga.

Sedangkan pengertian PRIMA menunjukkan karakteristik total dari suatu produk (barang atau jasa) yang melebihi standar baku sehingga pelanggan merasa mendapat lebih dari yang semula diharapkan. Sejumlah indikasi keprimaan yaitu: sesuai persyaratan, cocok dipakai atau digunakan, perbaikan berkelanjutan, melakukan dengan cara yang benar, dan menyenangkan pelanggan.

Pada intinya melayani pelanggan secara prima berarti membantu pelanggan memenuhi kebutuhannya dan dilakukan dengan cara terbaik, sehingga pelanggan puas dengan pelayanan yang diperoleh dan mereka merasa bahwa pelayanan itu lebih dari yang diharapkan.

Jadi hakikat pelayanan prima memiliki tiga karakteristik dasar yaitu: (1) adanya standar pelayanan baku, (2) bersifat istimewa, dan (3) memberikan kepuasan melebihi harapan pelanggan. Ketiga hal tersebut bisa dijadikan parameter pelayanan prima yang sekaligus menjadi pembeda dari pelayanan biasa.

 

klik-disiniklik baca materi