Manajemen Perpustakaan Sekolah

IDENTITAS
Matakuliah : Manajemen Perpustakaan
Bobot : 2 sks / 2 Js

DESKRIPSI
Matakuliah ini merupakan salah satu dari kelompok matakuliah keahlian berkarya (MKB) yang membahas tentang konsep dasar perpustakaan dan konsep dasar manajemen perpustakaan, perencanaan perpustakaan (terutama sarana dan bahan pustaka), penyelenggaraan perpustakaan (terutama pengolahan bahan pustaka), pengawasan perpustakaan, penilaian perpustakaan, dan strategi pengembangan perpustakaan.

KOMPETENSI
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1. Memahami konsep dasar perpustakaan dan konsep dasar manajemen perpustakaan di lembaga pendidikan, terutama untuk menunjang program pembelajaran.
2. Memiliki keterampilan dalam melaksanakan pengelolaan perpustakaan, mulai dari kegiatan perencanaan, penyelenggaraan, pengawasan, dan penilaian perpustakaan.
3. Menguasai strategi pengembangan perpustakaan.

MATERI
1. Konsep dasar perpustakaan dan konsep dasar manajemen perpustakaan di lembaga pendidikan, terutama untuk menunjang program pembelajaran.
2. Pengelolaan perpustakaan, mulai dari kegiatan perencanaan, penyelenggaraan, pengawasan, dan penilaian perpustakaan.
3. Strategi pengembangan perpustakaan.

1klike-DDC adalah suatu aplikasi perangkat lunak khusus yang dibuat sebagai alternatif untuk membantu memudahkan pustakawan atau penggiat perpustakaan dalam menentukan nomor klasifikasi koleksi perpustakaan berdasarkan sistem Klasifikasi Persepuluhan Dewey, atau biasa disebut Klasifikasi DDC. Penyusunan bagan klasifikasi DDC di dalam e-DDC dibuat secermat mungkin. Bahkan mulai e-DDC Edition 23 (Version 3.3) telah dilakukan verifikasi penomoran dengan DDC cetak Edisi 23 dengan dibantu oleh pihak yang berkompeten, yaitu para pustakawan profesional, demi menjamin ketepatan notasi klasifikasi.

ddc