Boss vs Leader

Kantor TU sekolah yang memiliki para staf membutuhkan kepala TAS sebagai manajer atau boss yang menciptakan keteraturan untuk hasil dan kinerja baik (do things right); sekaligus sebagai pemimpin atau leader yang fokus pada proses mencapai visi (do the right things) dalam organisasi perkantoran sekolah.

blMemang pengertian kepemimpinan dan manajemen seringkali disamakan. Padahal diantara keduanya terdapat perbedaan, dimana memimpin sebuah kelompok berbeda dengan mengatur kelompok. Kepemimpinan mempunyai arti lebih luas dibandingkan manajemen, karena kepemimpinan bisa digunakan oleh setiap orang dan tidak terbatas hanya pada suatu organisasi saja. Kepemimpinan bisa dilakukan dan terjadi di dalam dan di luar organisasi. Sedangkan manajemen merupakan kepemimpinan yang dibatasi oleh tata krama birokrasi atau dikaitkan dengan pemikiran suatu kegiatan untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

Seorang manager hanya berurusan dengan benda-benda, struktur, sistem dan efisiensi. Sedangkan seorang Pemimpin berurusan dengan efektivitas, orang, memberdayakan dan menyalurkan potensi yang dimiliki oleh orang lain. Organisasi membutuhkan manajer sekaligus pemimpin. Kepemimpinan diperlukan untuk menciptakan perubahan, dan manajer diperlukan untuk menciptakan keteraturan. Manajer bersama pemimpin dapat menciptakan perubahan yang tertib, serta pemimpin bersama manajer menjaga organisasi agar tetap selaras dengan lingkungannya.

Seorang manajer bisa saja berperilaku sebagai seorang pemimpin, asalkan manajer tersebut mampu mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Tapi seorang pemimpin belum tentu harus menyandang jabatan manajer untuk dapat mempengaruhi perilaku orang lain. Sehingga pemimpin belum tentu manajer, tetapi seorang manajer bisa berperilaku sebagai seorang pemimpin. Sebaliknya seorang manajer juga belum tentu dapat menjadi seorang pemimpin, tetapi seorang pemimpin dituntut untuk berperan sebagai manajer.

Jadi kepemimpinan tidak sama dengan manajemen, kepemimpinan adalah sikap dan perilaku yang hendaknya dimiliki oleh manajer. Kepemimpinan menjadi faktor yang penting karena dibutuhkan dan menentukan keberhasilan untuk mencapai tujuan tertentu dalam organisasi. Manajer yang baik ialah manajer yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Sedangkan pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat menerapkan gaya-gaya kepemimpinannya sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.