Implementasi Hybrid Learning Matakuliah Dinamika Kelompok dengan Model Collaborative Problem Solving (CPS)

CPS merupakan model yang secara komprehensif mengadaptasi dan mengintegrasikan strategi terbaik dari dua model pendekatan, yaitu pendekatan problem based learning dan pendekatan collaborative learning agar peserta matakuliah dinamika kelompok mampu memecahkan masalah aktual berbasis kehidupan. Sehingga para peserta kuliah terampil menghubungkan konsep yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dimanfaatkan atau diaplikasikan pada situasi baru. Berbagai kegiatan yang berfokus pada analisis dan pemecahan masalah dilakukan untuk meningkatkan level kognitif mahasiswa sampai pada tingkat tinggi (HOTS/ High Order Thinking Skill).

Matakuliah Dinamika Kelompok memilki bobot 2 sks dan 2 js adalah jabaran dari SCPL 2 prodi AP FIP UM yaitu mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang kepemimpinan pendidikan. CPMK matakuliah ini yaitu mahasiswa: (1) memahami konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok; (2) memperoleh pengalaman dalam melakukan aneka macam peranan dalam kepemimpinan, manajemen, dan komunikasi melalui berbagai macam game dinamika kelompok; serta (3) memahami konsep dan praktik outbound training dalam pelatihan partisipatif.

CPS diharapkan dapat meningkatkan pemahaman materi perkuliahan, khususnya dalam matakuliah Dinamika Kelompok, karena masih terdapat mahasiswa yang belum memahami konsep matakuliah ini sehingga beranggapan bahwa matakuliah Dinamika Kelompok hanya berisi permainan tanpa makna.