Video Pengelolaan Pembelajaran

Pengelolaan pembelajaran merupakan pengaturan keseluruhan proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengorganisasian, pengendalian, hingga penilaian. Pengelolaan pembelajaran yang efektif mengarah pada pencapaian tujuan secara efisien.

Pengelolaan pembelajaran dapat ditinjau dari tiga aspek, yaitu pengelolaan kelas/pengelolaan peserta didik, strategi pembelajaran, dan penugasan. Pengelolaan pembelajaran bertujuan untuk menumbuhkembangkan suasana kondusif bagi terselenggaranya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Pengelolaan pembelajaran yang efektif adalah upaya pengelolaan pembelajaran yang dilakukan agar semua peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dalam waktu yang ditetapkan.

Karakteristik pengelolaan pembelajaran yang efektif adalah:

1. Pengelolaan kelas yang bervariasi (klasikal, kelompok/berpasangan, dan ndividual)

  • Klasikal: Di awal pembelajaran dalam apersepsi, pemberian tujuan, dan penugasan. Di bagian akhir dalam perumusan kesimpulan/rangkuman dan pemberian konfirmasi.
  • Kelompok/berpasangan: Untuk kerja kooperatif (misalnya, diskusi pemecahan masalah bersama, berbagi informasi, peer tutor).
  • Individual: Dilakukan pada bagian inti berupa pemberian tugas kreatif sesuai potensi individu peserta didik. Pengelolaan individu juga dilakukan pada proses asesmen pencapaian kompetensi.

2. Strategi pembelajaran yang mengaktifkan semua peserta didik, menumbuhkan kreativitas, berpikir, berbuat, efektif mencapai tujuan, dan menyenangkan (tidak membuat stres/tertekan).

3. Pemberian tugas yang bermakna, yaitu:

  • Memotivasi dan menantang untuk belajar.
  • Memberi ruang setiap peserta didik untuk menggali informasi dan menuangkan gagasan sebagai bentuk aktualisasi pemikiran.
  • Mendorong peserta didik menghasilkan karya yang bervariasi (berani menampilkan karyanya dalam berbagai bentuk) sesuai tujuan dan kompetensi yang ditetapkan.
  • Kualitas tugas sesuai dengan bentuk pengelolaan kelas.
  • Peserta didik difasilitasi untuk bertanggung jawab terhadap pencapaian kompetensi.