Tipe Dosen

Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Berikut adalah beberapa tipe dosen dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Bukan hasil riset, tetapi sekedar pendapat pribadi dan semoga ada manfaatnya.

1.  Killer
Yaitu dosen yang sangat pandai, tetapi tidak bisa mewariskan ilmu yang dimiliki. Sehingga nilai A hanya milik beliau sendiri, sedangkan nilai untuk mahasiswa max B. Tetapi kebanyakan nilai E dan D. Jika beliau mengajar, mungkin hanya 1-2 mahasiswa yang paham, lainnya banyak melongo tidak paham. Biasanya jarang terjadi interaksi dua arah. Sang dosen asyik membawakan materinya, para mahasiswa ketakutan untuk bertanya.
Konon saat ini, dosen tipe ini sudah tidak ada, terbukti nilai-nilai mahasiswa kebanyakan B dan A, dan jarang yang mendapat C, D dan E.

2.  OOT / out of the topic
Yaitu dosen yang mengajarnya sering keluar dari materi yang seharusnya disampaikan. Obrolan sering melebar dan sulit kembali pada materi pokok. Kadang berkilah materi bisa di-copy dari laptop, namun penjelasan lisan tetap saja sering di luar materi yang ada.
Dosen tipe ini biasanya mereka yang super sibuk dan tidak siap membuka/mempelajari materi yang ada. Super sibuknya bisa karena jabatan atau kesibukan kegiatan di luar kampus.

3.  Monoton
Yaitu dosen yang terlalu asyik dengan materinya, bahkan lebih sering fokus melihat laptop atau tayangan di layar, daripada berinteraksi dengan mahasiswanya. Obrolan selalu sangat serius, datar, dan tidak ada joke/humor sama sekali.
Boleh jadi dosen tipe ini tidak punya latar belakang penguasaan ilmu public speaking dan lebih berbakat sebagai peneliti daripada pengajar.
Mengikuti kuliah pada dosen tipe ini biasanya sangat menjemukan dan mudah mengantuk.

4.  Humoris
Yaitu dosen yang pandai melucu, sehingga ruang kuliah sering gemuruh dengan tawa para mahasiswa. Biasanya mahasiswa akan sangat bersemangat mengikuti kelas dosen tipe ini. Tapi kadang kelucuan yang dibuat berlebihan, sehingga suasana kelas jadi terkesan kurang serius dan materi kuliah utama jadi kurang dominan.

5.  Rapelan
Yaitu dosen yang super sibuk, sehingga kewajiban mengajar 12-14x dalam satu semester sering dipadatkan selesai dalam beberapa minggu saja. Biasanya karena super sibuk kegiatan di luar, makanya ketika datang ke kampus harus mengisi beberapa kali kuliah pengganti.

6.  Ideal
Yaitu dosen yang menguasai materi dan pandai mentransfer ilmunya ke para mahasiswa dengan tepat waktu. Materi dijelaskan kombinasi satu dan dua arah dengan sangat menarik. Sesekali membuat ice breaking untuk memotivasi atau menghilangkan kejenuhan mahasiswa. Mahasiswa pun akan dibuat nyaman. Nilai yang dominan B dan C, sedangkan nilai A, D, dan E sangat sedikit.

7.   … ?