Praktik Supervisi Pengajaran

Berdasarkan berbagai aspek yang terdapat dalam situasi belajar mengajar, maka Supervisi Pendidikan adalah bantuan dalam mengembangkan situasi belajar mengajar ke arah yang lebih baik, dengan jalan memberikan bimbingan dan pengarahan pada guru serta guru dan petugas lainnya untuk meningkatkan kualitas kerja mereka di bidang pengajaran dengan segala aspeknya.

Kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah memiliki kewajiban membina kemampuan para guru serta dapat melaksanakan supervisi secara efektif. Sementara ini pelaksanaan supervisi di sekolah seringkali masih bersifat umum. Aspek-aspek yang menjadi perhatian kurang jelas, sehingga pemberian umpan balik terlalu umum dan kurang mengarah ke aspek yang dibutuhkan guru. Sementara guru sendiripun kadang kurang memahami manfaat supervisi. Hal ini disebabkan tidak dilibatkannya guru dalam perencanaan pelaksanaan supervisi. Padahal proses pelaksanaan  supervisi yang melibatkan guru sejak tahap perencanaan memungkinkan guru mengetahui manfaat supervisi bagi dirinya.

Supervisi klinis merupakan suatu pendekatan supervisi pendidikan yang lebih menekankan pada pelaksanaan supervisi pengajaran dengan melibatkan guru sejak tahap perencanaan. Maka dari itu supervisi klinis merupakan jawaban yang tepat untuk mengatasi kekurangtepatan pelaksanaan supervisi pada umumnya. Kepala sekolah diharapkan memahami dan mampu melaksanakan supervisi klinis karena dengan teknik ini keterlibatan guru sangat besar mulai dari tahap perencanaan sampai dengan analisis keberhasilannya.