Landasan & Asas Pendidikan

III

Landasan-landasan pendidikan sangat penting untuk mengembangkan pendidikan yang bermartabat bagi pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Dengan memahami dan mengaktualisasikan landasan-landasan itu, manusia akan memiliki harkat dan martabat sangat mulia dibanding dengan hewan dan tumbuhan bahkan malaikat sekalipun, sebab manusia diberi keunggulan oleh Allah SWT berupa hati nurani dan akal pikiran.

Untuk memperoleh harkat dan martabat mulia itu diperlukan landasan-landasan pendidikan yang kuat dan senantiasa dikembangkan agar menjadi lebih baik. Landasan pendidikan meliputi landasan agama, filosofi, hukum, psikologi, sejarah, sosial budaya, sosiologi, ekonomi, dan IPTEK.

Asas pendidikan merupakan sesuatu kebenaran yang menjadi dasar atau tumpuan berpikir baik pada tahap perancangan maupun pelaksanaan pendidikan.

Asas tut wuri handayani merupakan konseptualisasi asas perguruan nasional Taman Siswa sebagai perjuangan untuk menghadapi pemerintah Kolonial Belanda.

Perwujudan asas kemandirian dalam belajar akan menempatkan guru, dalam peran utama sebagai fasilitator dan motivator di samping peran peran lain seperti informator, organisator, dan sebagainya.