Komponen, Fungsi, & Tujuan Pendidikan

II

Pendidikan dalam arti yang luas adalah segenap kegiatan manusia baik yang disengaja atau diciptakan maupun yang muncul dengan sendirinya kapan pun dan dimana pun sepanjang hayat, yang dapat memberikan pendewasaan kepada manusia (pendidikan adalah hidup dan hidup adalah pendidikan).

Pendidikan dalam arti yang sempit adalah kegiatan yang disengaja yang khusus dilakukan dan direncanakan untuk tujuan tertentu dalam situasi tertentu dan pada waktu yang terbatas.

Pendidikan dalam difinisi alternatif adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah baik formal, non formal, maupun informal dan dilakukan seumur hidup untuk mengoptimalkan potensi manusia.

Ilmu pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang teori-teori pendidikan baik sebagai ilmu normatif, teoretis maupun ilmu praktis.

Komponen pendidikan meliputi tujuan, peserta didik, pendidik, alat, dan lingkungan.

Fungsi utama pendidikan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, kepribadian, serta pradaban yang bermartabat dalam hidup dan kehidupan.

Tujuan pendidikan dibedakan menjadi enam, yakni tujuan umum, tujuan khusus, tujuan tidak lengkap, tujuan sementara, tujuan intermedier, serta tujuan insidental.